Tuesday, April 24, 2012

KETURUNAN RAJA MAJAPAHIT

Berikut gambar pemetaan keturunan dari kerjaan majapahit :

KETURUNAN SILSILAH KERAJAAN SINGOSARI DAN MAJAPAHIT
dan berikut sejarah singkat kerjaan majapahit dari awal berdiri hingga penutupan/kehancuran
Sejarah Terbentuknya Kerajaan Majapahit
Pada saat terjadi serangan Jayakatwang, Raden Wijaya bertugas menghadang bagian utara, ternyata serangan yang lebih besar justru dilancarkan dari selatan. Maka ketika Raden Wijaya kembali ke Istana, ia melihat Istana Kerajaan Singasari hampir habis dilalap api dan mendengar Kertanegara telah terbunuh bersama pembesar-pembesar lainnya. Akhirnya ia melarikan diri bersama sisa-sisa tentaranya yang masih setia dan dibantu penduduk desa Kugagu. Setelah merasa aman ia pergi ke Madura meminta perlindungan dari Aryawiraraja. Berkat bantuannya ia berhasil menduduki tahta, dengan menghadiahkan daerah tarik kepada Raden Wijaya sebagai daerah kekuasaannya. Ketika tentara Mongol datang ke Jawa dengan dipimpin Shih-Pi, Ike-Mise, dan Kau Hsing dengan tujuan menghukum Kertanegara, maka Raden Wijaya memanfaatkan situasi itu untuk bekerja sama menyerang Jayakatwang. Setelah Jayakatwang terbunuh, tentara Mongol berpesta pora merayakan kemenanganya. Kesempatan itu pula dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk berbalik melawan tentara Mongol, sehingga tentara Mongol terusir dari Jawa dan pulang ke negrinya. Maka tahun 1293 Raden Wijaya naik tahta dan bergelar Sri Kertajasa Jayawardhana.

Raja-raja Majapahit
Kertajasa Jawardhana (1293 – 1309)
Merupakan pendiri kerajaan Majapahit, pada masa pemerintahannya, Raden Wijaya dibantu oleh mereka yang turut berjasa dalam merintis berdirinya Kerajaan Majapahit, Aryawiraraja yang sangat besar jasanya diberi kekuasaan atas sebelah Timur meliputi daerah Lumajang, Blambangan. Raden Wijaya memerintah dengan sangat baik dan bijaksana. Susunan pemerintahannya tidak berbeda dengan susunan pemerintahan Kerajaan Singasari.

Raja Jayanegara (1309-1328)
Kala Gemet naik tahta menggantikan ayahnya dengan gelar Sri Jayanegara. Pada Masa pemerintahannnya ditandai dengan pemberontakan-pemberontakan. Misalnya pemberontakan Ranggalawe 1231 saka, pemberontakan Lembu Sora 1233 saka, pemberontakan Juru Demung 1235 saka, pemberontakan Gajah Biru 1236 saka, Pemberontakan Nambi, Lasem, Semi, Kuti dengan peristiwa Bandaderga. Pemberontakan Kuti adalah pemberontakan yang berbahaya, hampir meruntuhkan Kerajaan Majapahit. Namun semua itu dapat diatasi. Raja Jayanegara dibunuh oleh tabibnya sendiri yang bernama Tanca. Tanca akhirnya dibunuh pula oleh Gajah Mada.

Tribuwana Tunggadewi (1328 – 1350)
Raja Jayanegara meninggal tanpa meninggalkan seorang putrapun, oleh karena itu yang seharusnya menjadi raja adalah Gayatri, tetapi karena ia telah menjadi seorang Bhiksu maka digantikan oleh putrinya Bhre Kahuripan dengan gelar Tribuwana Tunggadewi, yang dibantu oleh suaminya yang bernama Kartawardhana. Pada tahun 1331 timbul pemberontakan yang dilakukan oleh daerah Sadeng dan Keta (Besuki). Pemberontakan ini berhasil ditumpas oleh Gajah Mada yang pada saat itu menjabat Patih Daha. Atas jasanya ini Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Kerajaan Majapahit menggantikan Pu Naga. Gajah Mada kemudian berusaha menunjukkan kesetiaannya, ia bercita-cita menyatukan wilayah Nusantara yang dibantu oleh Mpu Nala dan Adityawarman. Pada tahun 1339, Gajah Mada bersumpah tidak makan Palapa sebelum wilayah Nusantara bersatu. Sumpahnya itu dikenal dengan Sumpah Palapa, adapun isi dari amukti palapa adalah sebagai berikut :”Lamun luwas kalah nusantara isum amakti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, ring Sunda, ring Palembang, ring Tumasik, samana sun amukti palapa”. Kemudian Gajah Mada melakukan penaklukan-penaklukan.

Hayam Wuruk
Hayam Wuruk naik tahta pada usia yang sangat muda yaitu 16 tahun dan bergelar Rajasanegara. Di masa pemerintahan Hayam Wuruk yang didampingi oleh Mahapatih Gajah Mada, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negerakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tettangga. Satu-satunya daerah yang tidak tunduk kepada kekuasaaan Majapahit adalah kerajaan Sunda yang saat itu dibawah kekuasaan Sri baduga Maharaja. Hayam Wuruk bermaksud mengambil putri Sunda untuk dijadikan permaisurinya. Setelah putri Sunda (Diah Pitaloka) serta ayahnya Sri Baduga Maharaja bersama para pembesar Sunda berada di Bubat, Gajah Mada melakukan tipu muslihat, Gajah Mada tidak mau perkawinan Hayam Wuruk dengan putri Sunda dilangsungkan begitu saja. Ia menghendaki agar putri Sunda dipersembahkan kepada Majapahit (sebagai upeti). Maka terjadilah perselisihan paham dan akhirnya terjadinya perang Bubat. Banyak korban dikedua belah pihak, Sri Baduga gugur, putri Sunda bunuh diri.

Tahun 1364 Gajah Mada meninggal, Kerajaan Majapahit kehilangan seorang mahapatih yang tak ada duanya. Untuk memilih penggantinya bukan suatu pekerjaan yang mudah. Dewan Saptaprabu yang sudah beberapa kali mengadakan sidang untuk memilih pengganti Gajah Mada akhirnya memutuskan bahwa Patih Hamungkubhumi Gajah Mada tidak akan diganti “untuk mengisi kekosongan dalam pelaksanaan pemerintahan diangkat Mpu Tandi sebagais Wridhamantri, Mpu Nala sebagai menteri Amancanegara dan patih dami sebagai Yuamentri. Raja Hayam Wuruk meninggal pada tahun 1389.

Wikramawardhana
Putri mahkota Kusumawardhani yang naik tahta menggantikan ayahnya bersuamikan Wikramawardhana. Dalam prakteknya Wikramawardhanalah yang menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan Bhre Wirabhumi anak Hayam Wuruk dari selir, karena Bhre Wirabhumi (Putri Hayam Wuruk) dari selir maka ia tidak berhak menduduki tahta kerajaan walaupun demikian ia masih diberi kekuasaan untuk memerintah di Bagian Timur Majapahit , yaitu daerah Blambangan. Perebutan kekuasaan antara Wikramawardhana dengan Bhre Wirabhumi disebut perang Paregreg.

Wikramawardhana meninggal tahun 1429, pemerintahan raja-raja berikutnya berturut-turut adalah Suhita, Kertawijaya, Rajasa Wardhana, Purwawisesa dan Brawijaya V, yang tidak luput ditandai perebutan kekuasaan.

Sumber Sejarah
Sumber sejarah mengenai berdiri dan berkembangnya kerajaan Majapahit berasal dari berbagai sumber yakni :

Prasasti Butok (1244 tahun). Prasasti ini dikeluarkan oleh Raden Wijaya setelah ia berhasil naik tahta kerajaan. Prasasti ini memuat peristiwa keruntuhan kerajaan Singasari dan perjuangan Raden Wijaya untuk mendirikan kerajaan

Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama, kedua kidung ini menceritakan Raden Wijaya ketika menghadapi musuh dari kediri dan tahun-tahun awal perkembangan Majapahit

Kitab Pararaton, menceritakan tentang pemerintahan raja-raja Singasari dan Majapahit

Kitab Negarakertagama, menceritakan tentang perjalanan Rajam Hayam Wuruk ke Jawa Timur.

Kehidupan Politk
Majapahit selalu menjalankan politik bertetangga yang baik dengan kerajaan asing, seperti Kerajaan Cina, Ayodya (Siam), Champa dan Kamboja. Hal itu terbukti sekitar tahun 1370 – 1381, Majapahit telah beberapa kali mengirim utusan persahabatan ke Cina. Hal itu diketahui dari berita kronik Cina dari Dinasti Ming.

Raja kerajaan Majapahit sebagai negarawan ulung juga sebagai politikus-politikus yang handal. Hal ini dibuktikan oleh Raden Wiajaya, Hayam Wuruk, dan Maha Patih Gajahmada dalam usahanya mewujudkan kerajaan besar, tangguh dan berwibawa. Struktur pemerintahan di pusat pemerintahan Majapahit :

1. Raja
2. Yuaraja atau Kumaraja (Raja Muda)
3. Rakryan Mahamantri Katrini

a. Mahamantri i-hino
b. Mahamantri i –hulu
c. Mahamantri i-sirikan

4. Rakryan Mahamantri ri Pakirakiran

a. Rakryan Mahapatih (Panglima/Hamangkubhumi)
b. Rakryan Tumenggung (panglima Kerajaan)
c. Rakryan Demung (Pengatur Rumah Tangga Kerajaan)
d. Rakryan Kemuruhan (Penghubung dan tugas-tugas protokoler) dan
e. Rakryan Rangga (Pembantu Panglima)

5. Dharmadyaka yang diduduki oleh 2 orang, masing-masing dharmadyaka dibantu oleh sejumlah pejabat keagamaan yang disebut Upapat. Pada masa hayam Wuruk ada 7 Upapati.

Selain pejabat-pejabat yang telah disebutkan dibawah raja ada sejumlah raja daerah (paduka bharata) yang masing-masing memerintah suatu daerah. Disamping raja-raja daerah adapula pejabat-pejabat sipil maupun militer. Dari susunan pemerintahannya kita dapat melihat bahwa sistem pemerintahan dan kehidupan politik kerjaan Majapahit sudah sangat teratur.

Kehidupan Sosial Ekonomi dan Kebudayaan
Hubungan persahabatan yang dijalin dengan negara tentangga itu sangat mendukung dalam bidang perekonomian (pelayaran dan perdagangan). Wilayah kerajaan Majapahit terdiri atas pulau dan daerah kepulauan yang menghasilkan berbagai sumber barang dagangan.

Barang dagangan yang dipasarkan antara lain beras, lada, gading, timah, besi, intan, ikan, cengkeh, pala, kapas dan kayu cendana.

Dalam dunia perdagangan, kerajaan Majapahit memegang dua peranan yang sangat penting.
Sebagai kerajaan Produsen – Majapahit mempunyai wilayah yang sangat luas dengan kondisi tanah yang sangat subur. Dengan daerah subur itu maka kerajaan Majapahit merupakan produsen barang dagangan.

Sebagai Kerajaan Perantara – Kerajaan Majapahit membawa hasil bumi dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya. Keadaan masyarakat yang teratur mendukung terciptanya karya-karya budaya yang bermutu. bukti-bukti perkembangan kebudayaan di kerajaan Majapahit dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan berikut ini :

Candi : Antara lain candi Penataran (Blitar), Candi Tegalwangi dan candi Tikus (Trowulan).

Sastra : Hasil sastra zaman Majapahit dapat kita bedakan menjadi
Sastra Zaman Majapahit Awal

    Kitab Negarakertagama, karangan Mpu Prapanca
    Kitab Sutasoma, karangan Mpu Tantular
    Kitab Arjunawiwaha, karangan Mpu Tantular
    Kitab Kunjarakarna
    Kitab Parhayajna

Sastra Zaman Majapahit Akhir

    Hasil sastra zaman Majapahit akhir ditulis dalam bahasa Jawa Tengah, diantaranya ada yang ditulis dalam bentuk tembang (kidung) dan yang ditulis dalam bentuk gancaran (prosa). Hasil sastra terpenting antara lain :
    Kitab Prapanca, isinya menceritakan raja-raja Singasari dan Majapahit
    Kitab Sundayana, isinya tentang peristiwa Bubat
    Kitab Sarandaka, isinya tentang pemberontakan sora
    Kitab Ranggalawe, isinya tentang pemberontakan Ranggalawe
    Panjiwijayakrama, isinya menguraikan riwayat Raden Wijaya sampai menjadi raja
    Kitab Usana Jawa, isinya tentang penaklukan Pulau Bali oleh Gajah Mada dan Aryadamar, pemindahan Keraton Majapahit ke Gelgel dan penumpasan raja raksasa bernama Maya Denawa.
    Kitab Usana Bali, isinya tentanng kekacauan di Pulau Bali.

Selain kitab-kitab tersebut masih ada lagi kitab sastra yang penting pada zaman Majapahit akhir seperti Kitab Paman Cangah, Tantu Pagelaran, Calon Arang, Korawasrama, Babhulisah, Tantri Kamandaka dan Pancatantra.

sumber : wikipedia.org, nesaci.com

40 comments:

  1. assalamualaikum.saya dari malaysia.. nama penuh dayang nurfathiah bt abang jama'aludin berketurunan merpati jepang ( Seorang putera Raja Majapahit iaitu Raden Menteri Dipati Jepang atau Datu Merpati Jepang telah berhijrah ke Sarawak pada kurun ke-15[perlu rujukan]. Baginda telah berkahwin dengan Datu Permaisuri anak perempuan Raja Jarom Jawa di Johor sebelum berhijrah ke Sarawak. Daripada keturunan Datu Merpati Jepang, muncullah golongan bangsawan Melayu Sarawak yang bergelar Abang.) betul atau tidak? sbb kami yang berketurunan menggunakan gelaran per'abangan' ini masih tidak sefahaman dengan asal usul kami.. harap pihak tuan/puan dpt membantu mencari kebenaran :)

    ReplyDelete
  2. kalau ada apa-apa informasi mengenai 'merpati jepang' boleh email ke black_indipendent@yahoo.com.my

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mempunyai buku salasilah keturunan abang pata yang berasal keturunan Raden Adpati Jipang (Datuk Merpati Jepang). Kalau berminat, contact saya di haziqamaluddin92@gmail.com

      Delete
    2. email baru saya: mohdhaziqamaluddin@gmail.com....berminat nak tahu salasilah atau nak berbincang mengenai keluarga Melayu Peerabangan, hubungi email saya yang baru. Saya keturunanan Datu Temenggung Abang Pata Bin Datu Temenggung Abang Mersal.

      Delete
    3. ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_)Atau KLIK DISINI



      DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

      Delete
  3. Insya Allah ada yg bisa bantu....email saya jatieyes@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Wa'alaikum salam saudariku Tia, mohon maaf sebelumnya, saya sedikit meralat, yang benar adalah Jipang bukan Jepang, itu merupakan satu kerajaan kecil dibawah Majapahit, umumnya disebut Kadipaten, dipimpin oleh Adipati, Kadipaten Jipang berada di Cepu sampai Blora (kalau dilihat dari kondisi Tata Negara Indonesia saat ini), memiliki hubungan erat kekerabatan dengan Majapahit, Adipati Jipang yang pertama adalah putra bungsu dari Hayam Wuruk, Kadipaten Jipang juga mempunyai hubungan sejarah dengan Keraton Jogjakarta Hadiningrat dan Keraton Mangkunegaran di Solo, banyak Adipati atau Datuk (untuk yang di Sumatera) maupun Bharata yang melarikan diri dan mendirikan kerajaan-kerajaan kecil di Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Malaka, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Philipina pasca keruntuhan Majapahit, mereka adalah orang-orang yang tidak sepaham dengan Raden Patah dan Panembahan Senapati.

    Kiranya demikian penjelasan dari pengetahuan saya, kalau ada salah atau kekurangan mohon untuk diralat dan ditambahkan.

    ReplyDelete
  5. saya punya email : ipankaendrana@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum,saya hadi prayitno anak dari bpk.sugeng suparno ( alm ). Menurut
    bapak saya baik yg tertulis ( silsilah ) / di ceritakan lisan, keluarga saya masih keturunan dari raja brawijayaV.sekiranya ada saudara/ri yg masih sama keturunan dari brawijayaV, saya mohon siapa namanya dan dimana alamatnya.karna saya pribadi ingin mempersatukan/menyambung tali persaudaraan yg mungkin telah hilang.karna kita masih satu eyang ( mbah )

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum.. saya ingin mencari silsilah keturunan saya.. Mengikut sumber saya ada keturunan dari majapahit, dari Raja Hayam Wuruk, saya dikhabarkn saya generasi ke7 dari keturunan beliau.. Almarhum bapa saya berasal dari jawa tengah...
    saya hnya mengetahui sedikit sahaja asal usul keturunan saya..

    Email saya..

    bt5827@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum.. admin tau selendang patih ? Itu selendang ratu majapahit yang terakhir. Dulu keluarga saya memiliki selendang tersebut namun karna selendang tersebut dibuat rebutan oleh saudara-saudara dari ayah saya, tiba-tiba selendang itu hilang dengan sendirinya, namun suatu ketika saya melihat selendang itu tengah dipakai oleh pemiliknya (ratu majapahit)

    ReplyDelete
  10. KITAB NEGARA KERTA GAMA ADALAH PITNAH BESAR YANG DILAKUKAN OLEH EMPU PRAPANCA, GAJAH MADA, SUKU JAWA. TERHADAP SUNDA, MADURA, LUMAJANG, NUSANTARA DAN ASIA TENGGARA..

    ReplyDelete
  11. mohon penjelasan tentang fitnah dr kitap kertagama yg saudara ramanda sebutkan,agar kita lebih memahami trimakasih

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum saya keturunan raja jarum yg asalnya jawa tengah

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum saya keturunan raja jarum yg asalnya jawa tengah

    ReplyDelete
  14. saya keturunan raden brawijaya juga, langsung dari trah nenek saya

    ReplyDelete
  15. sy ada silsilah dari Brawijaya V.. barangkali ada yg membutuhkan utk menelusuri jejak

    heru.pras2010@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum, saya johan waktu saya masih kecil saya pernah di kasi tahu bahwa saya pewaris tahta terakhir dari kerajaan majapahit dan selain itu juga saya dikatakan pemegang keris mpu gandring yg mana kris tersebut digunakan pada kerajaan majapahit. ayah nya kakek asli dari jawa tengah, saya ingin mengetahui jejak sejarah saya, namun blm ditemukan, tlng bantu saya. karna saya percaya bnyak saudara saya yg belum saya temukan. ni email saya johanarya8@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Saudaraku semua pecinta sejarah jabadiyu " jawaduwipa" jipang adalah pecahan kerajaan Demak yg dipimpin putra Mahkota Haryo penangsang cucu Raden fatah,putra dari pangeran sido lepen kakak pangeran Trenggono sultan ke 3 Demak putri beliu dinikahkan dengan joko tingkir" Mas Kaerebet putra ki ageng tingkir menantu Raden wijaya istri dari raja pamalayu.
    Kesimpulanya adalah jawa,sumatra semenajung melayu satu trah dari majapahit dan Demak bintoro" glagah wangi.
    Berikut silsilahnya.
    P.sido lepen(ayahnya Haryo penangsang),P sabrang loryg,p pati yunus,P Trenggono (mertua joko tingkir)
    Diatas putra Raden Fatah bin kerto bumi ( bre wijoyo) bin Hayam muruk bin Tri buana( kencono wungu) bin Rakuti bin Raden wijaya bin Dyah cempaka bin Mahesa Cempaka ( wongo teleng bin Ken Arok bin Resi Paru baya bin Resi mpu Sindok wangsa isyana bin Rakai Watu Humalang saudara Dyah Balitong 1006M ( kurun Masuknya Syeh Syamsuddin Al Baqir Al farsyi yg ke dua dan dan Syeh Jamaluddin khusen Al kabir troloyo) watuhulang anak dari Rakeyan Sanjaya anak dari Sinna Sannaha anak dari Tarus bawa besan Raru shima kalingga anak dari purna Warman anak dari Dewa Warman Anak dari Raja Kudunga Raja Chalangka Yana Maladewa semenanjung Srilangka dari Bangsa Wedda Hindia pecahan kerajaan Magada. Keturan dari Bangsa jin dan manusia trah Nabiyulloh Stis yang ke 40 Putra Adam alaihis salam.
    Lebih jelasnya bs diskusi lgs didarat085287609595.sedan rembang pengobatan alernatif.

    ReplyDelete
  18. Saya keturunan nabi adam,klo ada yg bisa menelusuri silsilah sy dr mulai nabi adam smpe skrg tlg kontak sy....

    ReplyDelete
  19. Saya keturunan nabi adam,klo ada yg bisa menelusuri silsilah sy dr mulai nabi adam smpe skrg tlg kontak sy....

    ReplyDelete
  20. Saya cinta sejarah nusantara..salam kenal

    ReplyDelete
  21. selamat sore, mengenai keturunan dan silsilah keluarga kalau diruntun dari awal sampai akhir mungkin akan susah untuk mencarinya konon kabarnya ada seseorang yang pernah memberitahu saya bahwa keluarga saya masih ada keturunan dari kerajaan singosari darimana asal nya pun saya tidak tahu karena gelar bangsawan sudah lama kami tinggalkan, hanya yang saya tahu terlepas dari seseorang itu keturunan langsung kerajaan atau tidak jangan pernah meninggalkan sejarah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah meninggalkan sejarahnya

    ReplyDelete
  22. Trah majapahit yang masih dpt.gelar kebangsawanan cuma ada dimalaysia dan brunei ada yang dpt gekar datuk dan tan sri..so mereka udah kaya kaya bgg belum.tentu mau.mencari sanak.family jauh.diindonesia karena mereka takut tertipu...orang indon banyak yang mengaku ini itu.hanya untuk.nominal uang kekuasaan..kanjeng dimas contohnya masih.banyak paranormal penipu yang mengaku satrio piningit keturunan tahta asli majapahit..menipu datuk datuk dr brunei malaysia yang percaya silsilah palsu....berhati hatilah org yang dari luar indonesia

    ReplyDelete
  23. Trah majapahit yang masih dpt.gelar kebangsawanan cuma ada dimalaysia dan brunei ada yang dpt gekar datuk dan tan sri..so mereka udah kaya kaya bgg belum.tentu mau.mencari sanak.family jauh.diindonesia karena mereka takut tertipu...orang indon banyak yang mengaku ini itu.hanya untuk.nominal uang kekuasaan..kanjeng dimas contohnya masih.banyak paranormal penipu yang mengaku satrio piningit keturunan tahta asli majapahit..menipu datuk datuk dr brunei malaysia yang percaya silsilah palsu....berhati hatilah org yang dari luar indonesia

    ReplyDelete
  24. Wahay saudara / I salam kenal jgn meninggalkan sejarah dimasalah lalu itu tdk salah tapi jika kita adalah trah Dari mana pun yg penting saat ini kita harus melalukan kebaikan dg sesama jika kita mau tau siapa trah sedarah kita itu semua ada tanda baik fisik atau batin maaf mari kita lakuian yg terbaik buat anak cucu kita salam adhi 081392667078 WA

    ReplyDelete
  25. Tolong konformasinya dengarnya ada keturunan majapahit di Ende flores Ntt

    ReplyDelete
  26. salam kenal,

    entah lah bagaimana mahu cakap yang saya sendiri tidak tahu cerita nenek moyang.

    apa yang d ceritakan oleh mak saya.. moyang saya sering bertemu dengan sultan-sultan d malaysia,barangkali berunding sesuatu. pernah juga moyangku jual tanah d johor kepada temenggung melaka(sultan johor) .

    nenek putri yg ketujuh, atok merahsiakan keluarganya. perebutan harta dan tahta d jawa berlaku hingga atok mati d santet pada hari perkhawinan tapi hidup kembali dan lari ke Malaysia(johor),kawin dengan nenek saya.atok anak lelaki,adikberadik perempuan 4 orang(maaf saya tak ingat berapa orang). semua meniggal d Mekah semasa usia muda.

    onyang lari dari Belanda. makam onyang ada d kampong raja,Pagoh,Johor. sehingga sekarang dan pernah juga pengkaji sejarah ingin mencari makam onyang. mereka jumpa tempat tapi tidak tahu yang mana satu makamnya.

    pengkaji sejarah itu cakap onyang saya dari keluarga raja Majapahit , saya pon tak tahu kerana mak saya juga merahsiakan keturunan atok dan nenek saya.

    yang di Jawa itu adalah sepupu atok. jahat katanya,gila harta, wallahualam..dan spupu itu pernah berkata pada atok "jika mahu tinggal d jawa,akanku berikan rumah percuma"

    *ingat ni.. adalah sejarah sebenar untuk indonesia juga :)

    Assalamualaikom

    ingin kenal? add facebook saya.. Ali Samad.

    Sekian Terima Kasih.

    ReplyDelete
  27. Asalamualaikum, saya menekuni kebatinan,saya ada leluhur yg mendampingi saya, kata beliau saya ada darah majapahit nya yaitu dari garis bapak, bapak saya orang banyuwangi, kakek nenek saya yg dari bapak keturunan jawa timur dan madura. tp saya kurang paham yg dimaksud darah majapahit yg ngalir di badan saya, apakah itu dari darah raja2 majapahit atau hanya rakyat biasa jaman dulu

    ReplyDelete
  28. Majapahit letak ny klo sekarang di (mojokerto) apakah bnr bgtu???

    ReplyDelete
  29. Majapahit terletak di kecamatan Trowulan..Kabupaten Mojokerto...Propinsi Jawa Timur...@facebook..ahmedaffandy@rocketmail.com.....pecinta sejarah leluhur.

    ReplyDelete
  30. Mula nya tidak berminat utk ambil tahu salah silah tetapi bila umur yg sudah berusia ada pulak yg dtg dan memberitahu kami dr keturunan Raja Bono Majapahit. Hmm ada sesiapa salah silah nya.

    ReplyDelete
  31. assalamualaikum.. untuk mengetahui silsilah tersebut ada baiknya dirunut dari kasultanan ngayogyakarta hadiningrat, kasunanan surokarto, kasultanan cirebon, puro pakualaman, dan surya majapahit dan banyak referensi lainnya yang mengacu kitab2 kuno dan catatan2 belanda.. dan jikalau merupakan keturunan raja pasti mempunyai "layang kekancingan" sebagai bukti otentik dan kerajaan yang masih ada sekarang ini masih merupakan turunan dari majapahit.... demikian pemikiran saya lebih kurangnya mohon maaf dan mohon koreksinya jika salah 😊

    ReplyDelete